BUAH MELON

No Comments
MELON, Buah melon yang masih saudara dengan buah semangka, labu, blewah. Melon termasuk dalam keluarga besar CUCURBITACEAE. Daging buah melon memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Buah Melon biasanya digunakan sebagai buah meja, atau bisa juga di jadikan jus, dan campuran minuman segar lainnya. Namun manfaat buah melon bukan hanya sekadar sebagai pelepas dahaga saja akan tetapi buah melon juga berkhasiat untuk kesehatan, karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini cukup banyak, di sini saya akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa manfaat dari buah melon antara lain :
 


SUMBER VITAMIN - C
Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin bersifat sebagai antioksidan yang menangkal radilak bebas sehingga dapat meningkat kan sistem kekebalan tubuh. kebutuhan vitamin c harian orang dewasa sekitar 90mg. dengan mengkonsumsi satu cangkir buah melon sanggup memenuhi 1/3 kebutuhan Vitamin C harian atau sekitar 30 mg.
 
SUMBER VITAMIN - A
Vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh diantaranya adalah menjaga kesehatan mata, gigi, kulit, tulang dan selaput lendir, dan satu buah melon mampu menyediakan 25% lebih banyak vitamin A dari kebutuhan harian.
 
KAYA KALIUM
Kalium atau Potassium berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. setiap harinya orang dewasa membutuhkan 4.700 mg Kalium. dengan mengkonsumsi buah melon satu cangkir sehari mampu menyediakan 43 mg kalium untuk diserap tubuh.
 
KANDUNGAN LIKOPEN
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan resiko serangan beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung. dengan mengkonsumsi buah melon minimal satu cangkir mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.
 
MENCEGAH DIABETES DAN STROKE
Selain beberapa manfaat di atas, buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan rendah lemak. dengan mengkonsumsi buah buahan segar seperti melon bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti diabetes dan stroke.
 

MENYEHATKAN MATA
Manfaat buah melon juga dapat menyehatkan mata. buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Betakaroten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin-A dan digunakan memperbaiki, meningkatkan fungsi mata.
 
MENCEGAH KANKER
Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayur. Kandungan karoteoid yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru dan payudara.
TERNYATA selain enak dimakan dan menyegarkan, buah melon juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi mulai saat ini jangan pernah ragu mengkonsumsi buah melon, tapi harus diingat jangan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik......
 
Ok... terimakasih sudah membaca
salam HERBAL