MANFAAT BENALU TEH

1 comment
Bila kita berbicara mengenai BAH BUTONG yang terlintas dalam benak kita adalah hamparan luas perkebunan teh baik itu teh hitam mau pun teh hijau, namun pernah kah terbersit di benak kita kalau di antara tanaman teh tersebut tumbuh sebuah tanaman parasit atau buasa di sebut benalu...


Biasanya benalu iru di sebut benalu teh, memang dalam dunia tanaman yang namanya benalu atau parasit merupakan tanman pengganggu dan perusak tanaman yang mereka tumpangi dan tentunya ini sangat merugikan bagi tanaman induk. akan tetapi benalu tersebut memiliki manfaat tersendiri looo, disini saya akan sedikit berbagi tentang manfaat dari BENALU TEH, yang tentunya tanaman ini banyak di temui di sana ya (perkebunan teh BAH BUTONG).

KHASIAT BENALU TEH diyakini diyakini dari khasiat senyawa pohon teh yang dihisap oleh benalu, misalnya benalu teh yang berhasiat sebagai anti kanker.  anti kanker tersebut diduga berasal dari senyawa flavon yang terdapat pada tanaman teh.
 
Berikut beberapa manfaat dari benalu teh
1. membantu mengobati berbagai macam penyakit kanker/tumor diantaranya kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kanker kista.
2. membantu untuk pengobatan penyakit batu ginjal.
3. membantu untuk pengobatan penyakit gondok.
4. membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.
5. membantu menurunkan kadar guka darah
6. membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sakit pinggang dan masih banyak lagi tentunya.

 
Sedikit ulasna mengenai BENALU TEH yang mengandung SENYAWA FLAVONOID menurut Richter dalam Phytochemistry No. 31 (1992), benalu Loranthaceae dan Viscaceae mengandung banyak flavonoid, seperti chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan-3-ols. Flavonoid sendiri berfungsi sebagai pelindung si benalu dari kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh sinar ultraviolet dan bertanggung jawab pada warna bunga, buah, dan daun.

Dalam ilmu farmasi, flavaoid dikenal sebagai senyawa antiradang, antioksidan, pereda sakit (analgesik), antivirus, anti-HIV, mencegah keracunan hati, antikelebihan lemak, merangsang kekebalan tubuh, sebagai vasodilator (memperlancar aliran darah), mencegah penggumpalan darah, antialergi, dan antikanker.

Keberadaan flavanoid itu didukung oleh zat-zat lain yang juga terdapat pada benalu, seperti proline, hydroproline, myo-inositol, dan chiroinosotils. Sementara benalu famili Loranthaceae diyakini banyak mengandung tanin. Senyawa ini terdapat pada tanaman benalu, berkat hasil kerja sama asam gallic dengan catechin, yang menyebabkan padatnya kadar tanin pada daun dan tangkai batang. Dalam ilmu farmasi, tanin kerap digunakan sebagai obat diare, penawar racun, antivirus, antikanker, dan anti-HIV.
 
Demikian sedikit ulasan mengenai benalu teh semoga bermanfaat bagi kita semua.





1 komentar :