SEKILAS SEJARAH STEVIA

No Comments
STEVIA
Siapa yang tak kenal dengan stevia....eittttt bikan stevia artis ya..... tepatnya STEVIA atau STEVIA REBUDIANA kalau gak salah ini nama latinnya gan.
 
Sedikit sejarah singkat tentang STEVIA
 
STEVIA merupakan tumbuhan semak dari keluarga bunga matahari (astereaacea), tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan sub tropis dari barat Amerika Utara sampai Amerika Selatan. stevia telah digunakan sejak 1500 tahun oleh orang indian Guarina (kaum pribumu paraguai) sebagai bahan pemanis dan obat ramuan yang dikenal sebagai "KAA HE-HE" (atau ramuan manis).

Kaum pribumu menggunakan stevia sebagai :
* Menghaluskan kulit
* Membantu Pencernaan
* Memberi Gizi bagi Pankreas
* Menyeimbangkan Gula Darah dalam tubuh
* Menyamarkan Keriput
* Penyembuhan Noda dan luka luka pada permukaan Kulit.
 
Pada tahun 1887, ahli botani Mbah-MOISES SANTIAGO BERTONI meneliti stevia sebagai pemanis dan ramuan obat, sedangkan pada tahun 1931 dua orang kimiawan perancis mengisolasi glikosida dan yang utama diberi nama STEVIOSIDE DAN REBAUDIOSIDE yang 250 dan 300 kali lebih manis dari pada gula biasa. pada akhir 1950-an jepang mulai membudidayakan stevia dan pada tahun1970-an mulai mengunakan stevia secara komersil.

Pada tahun2006 WHO mengevaluasi secara menyeluruh tentang studi stevia memlalui serangkaian percobaanyang dilakukan pada hewan dan manusia dan kemudian menyimpulkan bahwa stevia mengandung glikosida steviol dan tidak ber-karsinogenik. stevia rebaudiana mengandung glikosida tang memiliki tingkat kemanisan 300 kali dibandingkan gula biasa (gula tebu). stevia rebaudiana memiliki 4 glikosida yaitu : Steviouside, Rebaudioside A, C dan Rebaudianaside Dulcoside A.

Demikian sedikit sejarah tentang tanaman STEVIA  yang mudah mudahan bermanfaat bagi kita.