MANFAAT LENGKUAS.

No Comments
LENGKUAS merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mudah kita jumpai di daerah kita masing masing, lengkuas juga dikenal dengan nama latin Alpinna Galanga. Jika di dasarkan pada ciri fisiknya lengkuas hampir sama dengan jahe dan kunyit. Mesi demikian kita bisa dengan mudah membedakan dengan hanya menghirup baunya. Bagian lengkuas yang bermanfaat adalah rimpangnya sama dengan saudaranya yaitu kunyit dan Jahe, Pada akar rimpang ini tersembunyi senyawa panting antara lain minyak atsirih yang terdiri dari Galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. senyawa lainnya adalah Kamfer, seskuiterpen, Kadien, Resin, Heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi. pada intinya senyawa yang terkandung dalam rimpang lengkuas ini menjadikan dia salah satu deretan obat herbal yang banyak dimanfaatkanoleh masyarakat kita.
 
Adapun beberapa manfaar dari rimpang lengkuas adalah :
1. Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor, senyawa transkoniferil di saseat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
2. lengkuas bersifat anti inflamasi, dengan demikian ia mampu meredakan radang tak jauh beda dengan kedua saudara kembarnya.
3. lalu lengkuas ampuh mengobatipenyakit rheumatoid arthritis.
4. langkuas dapat meredakan rasa kurang nyaman yang berada di dalam perut.
5. Jika anda mabuk laut, kunyahla lengkuas dan permasalahan anda tersebut akan segera teratasi.
6. dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan anda, secara tidak langsung anda tekah mengkonsumsi obat alami yang berguna untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas.
7. Lengkuas juga dapat meredakan diare, dengan cukup beberapa kunyahan langkuas maka diare anda kan segera reda.
8. Lengkuas juga dapat mengobati rematik dan juga sakit limfa.
9. Jika anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas sebagai salah satu bahan baku. Memang salah satu manfaat lengkuas adalah menambah nafsu makan.


Demikian sedikit informasi tentang lengkuas yang dapat saya bagi untuk sobat HERBAL semua semoga bermanfaat bagi kita semua.