MANFAAT KUNYIT BAGI KESEHATAN TUBUH

No Comments
SALAM HERBAL, Kali ini saya akan sedikit membahas saudara dari Jahe yang sudah kita bahas diartikel sebelumnya yaitu KUNYIT, kunyit telah banyak dikenal akan khasiatnya untuk pengobatan terhadap beberapa penyakit, sebagai rempah kunyit pada umumnya juga dimanfaatkan untuk keperluan kuliner, hingga bahan pembuat warna kuning alami pada makanan.
Kunyit mengandung banyak sekali senyawa nutrisi yang berkhasiat menyehatkan badan, yang paling menjadi perhatian khususnya senyawa kurkumin yang membuat warna kuning pada rimpang kunyit, menurut hasil pengamatan seseorang peneliti, kunyit ini juga efektif sebagai zat anti kangker.

Berikut beberapa manfaat dan kegunaan kunyit :
ANTI INFLAMASI KUAT
dari sekian banyak rempah yang membedakan kunyit denganyang lainnya adalah sifat anti radangnya yang kuat. oleh karena itu kunyit sangat efektif untuk mengobatipenyakit akibat pendarahan. seperti Artritis, Infeksi, Alergi, Asma, Eksim, dan masih banyak lainnya, selain itu kunyit juga dinyatakan baik untuk mencegah demensia alzhaimer, kanker, menurunkan tekanan darah tinggi dan diabetes.

ANTI OKSIDAN
curcumin adalah senyawa poli-fenolik, yang merupakan pikmen pembentuk warna kuning pada kunyit, studi yang dilakukan pada hewan menunjukan curcumin mungkin memiliki sifat anti tumor, antioksidan, antirematik, antiamiloid dan sifat anti inklamasi.
ramuan kunyit tidak mengandung kolestrol, namun kaya akan zat antioksidan dan serat yang akan membantu untuk mengendalikan LDL dalam darah.

MENGANDUNG VITAMIN B-KOMPLEK
kunyit adalah sumber yang sangat banyak akan vitamin penting dari B-Kompleks, seperti Piridoksin (vitaminB6), Kolin, Niasin, Riboflavin, Piridoksin, dan masih banyak lagi. dalam 100 Gram kunyit menyediakan 1,80 Mg atau 138% dari tingkat kebutuhan tubuh untuk harian yang disarankan, Pyridoxine bermanfaat untuk pengobatan himcystinuria, dan anemia sideroblastic, sementara niasin akanmembantu mencegah dermatitis.

MENGANDUNG MINERAL TINGGI
kunyit juga mengandung mineral yang cukup tinggi seperti kalsium, zat besi, kalium, mangan, tembaga, seng, danmagnesium. kalium adalah salah satu komponen penting dari sel dan cairan tubuh manusia yang berfungsi membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. mangan digunakan oleh tubuh sebagai cofaktor enzim antiksidan, superoksida dismutase. sementara Zat besi adalah kofaktor penting untuk enzim sitokrom oksidase pada metabolisme tingkat sel dan sangat diperlukan untuk pertumbuhan sel darah merah.

MENGANDUNG FITAMIN - C
kunyit segar mengandung vitamin C yang cukup baik, yaitu 100 akar mengandung sekitar 23,9 mg Vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan merupakan anti oksidan alami yang kuat yang membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh terhadap agen penyebab infeksi dan menangkal efek radikal bebas.


CARA MEMPEROLEH KHASIAT KUNYIT
Untuk mendapatkan khasiat manfaat dari kunyit, seseorang tak cukup hanya menggunakannya sebagai bumbu masakan saja akan tetapi untuk mengobati peradangan, disarankan untuk menggunakan suplemen khusu kunyit, atau bisa menguxtrak secara langsung dari kunyit segar, bisa dengan menblender dengan air matang lalu diperas airnya, sekitar 300gr yang diminum 3 kali sehari, agar manfaat kunyit lebih tersa bisa juga di tambah dengan madu alami.
bila secara rutin mengkonsumsi kunyit juga akan menjauhkan kita dari animea, neuritis, gangguan memori dan menawarkan perlindungan terhadap kangker, penyakit menular, tekanan darah tinggi dan stroke.

KEAMANAN KUNYIT
kunyit juga bisa bebas kita tambahkan pada menu diet sehari hari karena belum diketahuinya ada senyawa racun atau alergen walau dikonsumsi dalam dosis tinggi.

nah gimana apa kita masih ragu untuk mengkonsumsi kunyit..... saya rasa tidak, semoga yang sedikit ini bisa memberi manfaat bagi saya pribadi dan kita semua.
SALAM HERBAL.

JANGAN LUPA LIHAT KEMARI JUGA YA ....